jump to navigation

meletakkan pulser CDI honda cb, tampilan tetap standar 25 September 2012

Posted by kurniaprorider in Uncategorized.
Tags: , , , , , ,
trackback

siang-siang yang panas kering kerontang dari lereng tenggara merapi, tempat dimana kami dibesarkan dan sekarang tetap berkarya disini. modif generasi honda CB sampai GL yang masih menganut platina memang tidak ada habisnya, ide-ide cemerlang selalu mengalir dalam otak setiap mekanik di negeri ini.
kali ini kami mencoba membuat honda gen Cb-GL Platina menjadi CDI, CDI yang dipakai boleh apa saja asal yang pakai pulser agar mudah dalam nyeting. sebenarnya pakai CDI RC100 yang ga pakai pulser juga bisa, dah banyak dibahas, googling aja pasti banyak menemukan….kan tidak seru bahas yang sudah banyak dibahas orang!hehehehehe……
pertama-tama siapkan dulu unit honda cb/gl series yang masih platina lalu bongkar tutup magnet, spul, magnet.
siapkan pulser honda grand/suzi shogun. untuk membuat dudukan pulsernya dibagian bawah magnet kita lepas baut yang memegang tensioner rantai keteng dan kita gerinda penahannya/ lihat gambar aja biar jelas!!

(maaf kalo gambar kurang jelas). setelah pembatas digerinda lalu bor dan dibuat drat sebagai temapat penahan pulser agar tidak goyang.
setelah pulser terpasang dengan sempurna buat tonjolan sensor pulser yang letaknya dibelakang magnet dengan cara dilas.

pasang spul yang sebelumnya diganjel pakai mur ukuran 12 agar spul tidak mentok pulser.
kalo ada yang belum jelas mari kita diskusikan bersama.

salam blaaarrr…blaaarrr

About these ads

Komentar»

1. extraordinaryperson - 25 September 2012
2. kurniaprorider - 26 September 2012

pesenan

3. ompuns - 27 September 2012

mantaaaabhhh

4. the honjo - 5 Oktober 2012

tanya mas, posisi tonjolan sensor pulser yang pas gimana mas ? apa saat “top” pengapian bagian tonjolan tepat didepan pulser, atau bagaimana ? tengkyu mas

5. kurniaprorider - 6 Oktober 2012

mau pakai cdi apa bro? Lht dulu spek cdi yg mau dipakai, berapat derajat busi memercikkan api. Panjang sensor pulser jg disesuaikan dgn cdi yang akan dipakai, misal pakai cdi shogun lama panjang sensor pulsernya 14 mm

6. Diekha Najmi - 9 Oktober 2012

panjang tonjolan magnetnya brapa??

7. kurniaprorider - 10 Oktober 2012

panjang tonjolan pulser sesuaikan dgn CDI yang akan dipakai, bila memakai magnet ori cb maka konversikan dgn diameter magnet honda cb.

8. wandri - 11 Oktober 2012

mas bro tanya ..ane pake pengapiann set supra spul magnet bagusnya pulser di letakan d mna ya?
berapa derajat percikan busi yg bagus ?
trus saat top atau busi mulai nyala posisi pulser dan sensor ada di mana?
apakah pulser ada di tengah sensor tonjolan atau di awal tonjolan?
tarimakasih maaf panjang pertanyaannya heheh
oia klo pulser di kruk as pengaruh gk sama balancingnyA

9. rizky - 11 Oktober 2012

mas, saya mau tanya ne,,,
klau pakek CDI shogun tinggi dan panjang tonjolan di magnet to brapa mas,,?

10. kurniaprorider - 11 Oktober 2012

@wandri. Pulser bisa diletakkan seperti gambar diatas atau di kruk as. Pulser di kruk as tdk mengganggu balancing, jarak pulser dan tonjolan 0,5-0,6 mm.
@rizki. Pake CDI Shogi panjang tnjolan 14 mm dan jarak tnjolan dgn pulser 0,5-0,6 mm

11. Imam Ersyadi - 13 Oktober 2012

mas yang di las magnet nya apa di pulernya? ane kurang paham…trus brapa jaraknya

12. Imam Ersyadi - 13 Oktober 2012

saya pake honda gl100,lg bingung mau naruh pulsernya dmn?tlg bantuanya mas bro…ane pake cdi honda grand…

13. kurniaprorider - 14 Oktober 2012

@imam. Untk membuat pick up koil pulser/sensor pulser, dibelakang magnet kita pakè baut yg di las pada besi magnet.

14. Celotehan ku - 18 Oktober 2012

Untuk spul gl100 bawa an motor standar platina apa msh bisa di gunakan gan?

15. kurniaprorider - 18 Oktober 2012

sepulnya kalo masih 6 V Di ubah dulu jadi 12 Volt, mau dibuat Full wave atau half wave bisa.

16. EXCEL - 28 Oktober 2012

Gan, ane numpang tanya, motor ane CB100. kalo tetap masi pake Magnet ori CB, trus CDI honda Grand, gimana letak/buat tonjolan pulser nya. Apa pas pada posisi TMA. Trus yg di fotho itu pake pulser apa an Gan. Sblm nya thank’s.

17. kurniaprorider - 28 Oktober 2012

bisa banget,karena CDI grand menganut arus AC maka gulung spul untuk cdi grand/biasanya tukang spul dah apal. Untuk membuat tonjolan sensor pulser diletakkan dibelakang magnet dgn model dilas, untuk maju/mundur pengapian bs disesuaikan dgn cdi grand. Itu pulser shogun.

18. EXCEL - 29 Oktober 2012

OK thank’s Gan, harap maklum ane dk ngerti banget ttang pengapian. Khususnya CB. ane saat ini masi adopsi CDI RC, yah emang betul spul udah ane gulung sistim DC. Rencana mau saya terapkan solusi yg Agan posting ini, numpang tanya lg Gan, kalo pasang tonjolan pulser nya biar pas posisi TMA, biar dak menggeser maju mundur Magnet nya bisa dak Gan, pake CDI apalah bagus nya menurut Agan, ma’af sblm nya, banyak nanya?!

19. kurniaprorider - 29 Oktober 2012

ribet pake CDI RC, kalo dah di Full wave pilihannya cuma CDI DC, kyk punya GL PRO NEO TECH, SHOGUN, MEGAPRO LAMA. Sensor pulser tak las dibelakang magnet yg sebelumnya diukur dulu berapa derajat sebelum TMA/sesuaikan dgn CDI yg mau dipake.

20. excel - 6 November 2012

nanya lg Gan, solusi dari Mas Bro coba saya terapkan di CB 100 ’73 milik Ane, saya coba pake pulser Honda Grand, skali mau coba saya pasang, dak ada ruang/tempat yang cukup Gan! mentok kena spul. Ane pake block+head GL Pro series stelan ranti api/kamprat masi di bawah/ori nya, skali tak perhatikan gambar yg Agan posting stelan nya udah di atas rupanya, kalo stelan ranti api/kamprat nya masi di bawah/ orinya itu jadi masalah Gan, mentok kena sensor pulser yg di las mati di blakang Magnet( kalo magnet berputar) ane masi coba pake magnet+spul ori nya yg di gulung ulang ubah jadi DC Gan! Minta Solusi Gan? Pulser apa yg kecil yah?!

21. kurniaprorider - 7 November 2012

sensor pulsernya pake apa bro? Cobo pake baut ukuran 12 atau 14 yang kepalanya dibentk kotak. Kalo tensioner masih pake yang bwah, lengan yg ada per di crankcase bagian bwah itu dilepas.

22. excel - 12 November 2012

Sensor pulser blm di buat bro, pulser ane pake Grand tp udah mentok kena spul, kalo spul di ganjal pake baut biar dk mentok dg pulser bak magnet/bak mesin dk bisa di pasang rapat. Bak mesin mentok kena spul, lengan yg ada per dicrakcase bawah itu mana ya bro, untuk CB 100 thn 73, dk ada kayak nya. Pulser grand lebih besar kali bro ya di banding pulser shogun?

23. Tuwah Yono - 16 November 2012

salam cb mania,.
saya mau sedikit berbgi, sy sdh mnggti pengapian c90 saya (mgnet/spul sama sprt cb/gl) yang sebelumny mengnt sstm pltn. sy pk CDI grnd.pulser win. sy psng pulser di bks dudukn pltina. pembuatny mdh, as noken diberi bndul/sensor, ukurn panjng snsr dan jarak pulser-sensor disesuaikan dngn punya grand yang berpatokan pada diameter magnet , panjang sensor, dan jarak pulser ke sensor. hasilnya lumayn , sekali engkol lngsung idup mskipun msn dingin.
kelebihanya : mudah dlm pengerjaan dan pastinya tampilany standard (sedikit kliatan kabel nglewer dari head blok) kelemahanya kondisi putaran noken harus benr benr ready ga boleh oblak.
smoga bermanfaat.

24. Tuwah Yono - 16 November 2012

ada yg lupa, spulnya blm diganti,.. ukurn kawat juga disesuaikan dngn punya gren (diameter dan nilai hambatan spul)

25. kurniaprorider - 18 November 2012

@excel. Aku juga pake pulser shogun, pulser shogun dgn grand dimensinya hampir sama. Untk pemasangan sepul disebelah dalam sepul diganjel mur ukuran 12 biar ga mentok pulser.

@tuwah yono. Memang pasang pulser dikem mudah bgt tp ya itu td ketepatan dan akurasi dalam waktu lama dipertanyakan. Repot dikit mending dibawah, kalo ga mati ga usah ngecek terus…. Pancal mubal

26. Tithu misericordias domini - 2 Desember 2012

Mas saya mw tnya gmn cra parang cdi grand k’mtor cg gmn cranya ya mas??

27. Brandalz Barue Tobat - 13 Desember 2012

cra_a cmna mas ,, msih bggug q

28. kurniaprorider - 14 Desember 2012

tithu. Pulser pasang di kruk as aja, trus gulung ulang spul pengapian sesuaikn dengan cdi grand.

Brandalz. Ga mudeng tulisan disingkat-singkat

29. Revan.rakasiwi@yahoo.com - 5 Januari 2013

Cdi nya pake apa om. Perlu gulung spul lagi kagak.

30. kurniaprorider - 5 Januari 2013

@Revan. Pilihan CDI bnyak, bisa pakai megapro/gl pro, shogun ato kalo mau yg AC bisa pake Cdi grand. Kalo spul msh asli bwaan CB harus gulung ulang, dijadikan 12 volt dulu.

31. Brandalz Barue Tobat - 19 Januari 2013

maf mas ,,, q binggu jah ngeletakan posisi pulsernya

32. hendri - 21 Januari 2013

numpang nanya gan kalau spol cdinya punya rc polsernya punya shogon cdinya grand bisa nnga gan……!

33. Alek - 25 Februari 2013

Halo mas

34. Wawad Wawad - 11 Maret 2013

maaf mas mau nanya kalo di gl 100 pake cdi shogun titik drjatnya dari titik topnya brapa derjatnya mas

35. Wawad Wawad - 11 Maret 2013

titik derjat untuk pemasangan tonjolan sensor pulser dari titik topnya mas

36. kurniaprorider - 16 Maret 2013

14derajat

37. Achew - 16 Maret 2013

Tensioner rante keteng d copot semua/msh ada yg t’pasang

38. el labomba - 22 Maret 2013

maaf gan numpang lapak…
ane suda pernah nyoba smua yg d atas,,alhasil temuan baru saya pengapian (AC) cb maupun gl segala jenis,,ane udah g pake pulser lgi, pke cdi rc,spul gulungan sndri,magnet di gti ..bagi yg berminat hub.
fb,email: iamhidayat@yahoo.com
sambi motor merauke(papua)

39. JOKO PURWANTO - 3 April 2013

numpang ikut urun rembuk.menanggapi mas tithu.paling mudah dan hemat.pulser tinggal di taruh deket kabel spul keluar dr blok mahnet pakek baut8,pulsere pakek grand,panjang pikc up 15mm.posisi top pikcup ninggalin pulser jaraknya 8mm,oh ya,mahnet pakek orine,spul pakek punyake honda prima.tutup mahnet yg pas posisi pulser di gerinda.begitulah pengalaman yg pernah tak coba.

40. pdot - 7 April 2013

maaf, posisi pemasangan pick up pulser pada magnet ane lom ngerti bro, ada yang bisa ngasih gambarnya ga_ makasih

41. puput - 18 April 2013

mas emang gmbrnya ngak ditampilkan apa.

42. bani abdilah - 5 Mei 2013

mas kalo spool standar gl 100 platina mau di ganti oper cdi, spoolnya harus di rubah kaga mas,,,, ane bingung,,,,,,, minta balesane secepete ya,,,,

43. goal gayong - 14 Mei 2013

dcoba aja smuanya… Nenekq bilang—EXPRIENCE IS THE BEST TEACHER

44. Ngadhon levina 2 "malang" - 30 Mei 2013

Pasang ae pulzer kamu ndk bos pomp(pompa oli)gak ribet kalo motor cb kayak gambar diatas td.

45. Ngadhon levina 2 "malang" - 30 Mei 2013

Lbih sempurna mungkin di gandhol/daun pengayun

46. ngaina - 15 Juni 2013

nunpang tanya gan……
g5na cara merubah pengapian gl series menjadi pengapian RC,,,,

47. doekoen strok - 15 Agustus 2013

Tempat yg paling sempurna taruk pulser di tengah tepat di bwah putaran kruk as pke pulser new tech…dgn p.tonjolan 22 mm lepas 6 mm menempel di kruk as…di suplai pake spul tiger + magnit new tech/tiger…casing tetep standart…di kasih cdi grand….Ngaaacir gan…

48. alfakirz - 23 Agustus 2013

gan,bisa ga ngukur sudur pick up – pulser dr naeknya pistön/panjang stroke.?

49. cbmania - 27 Agustus 2013

kalo berkenan alamate ngendi gan

50. teguh setiawan - 1 September 2013

mas.. alamatnya mana ya?
saya mau main ke workshopnya,,
sekalian mau benerin pengapian CG ane yang trouble mulu..
thx gan

51. asep - 6 September 2013

kira* biaya berapa gan gl 100 buat cdi grand,,,,,punyaku aku pasang cdi rc kurang top gampang rewel cdi udh ad tgal bongkar,,,

bisa di kasih alamat yg sudah mahirr

52. kurniaprorider - 9 September 2013

maaf baru sempat buka wp. maaf semua pertNyaan blm bisa terjawab karena modem ngadat, ini buka cuma pake hp jadul.

aku ga punya workshop bro, hanya diteras rumah dilereng merapi.

53. terry - 18 November 2013

Mas mau tnya.sy ngrubah pngapian cb.du2 pulserny sma am d foto ms.plser ny supra.tp cdi shogun tk buat DC.hdupny kok gk bsa di gs.lok suara langsam bgus.tpi lok di gas gk bsa.it knpa y mz??????

54. Kuncen Persibsalawasna - 27 Desember 2013

mas bro..saya mau tanya knapa setiap sudah di pakai honda gl saya keluar oli dari mangkok platina..mohon penjelasannya

55. brintek marsel - 3 Januari 2014

maz bro numpang tnya,kalo cb125 bisa gk pasang pulser dua tapi yng satunya buat cadangan sapa tau mati di jalan…..tks.

56. andrifail - 7 Januari 2014

mas sy punya honda gl 125 kluaran tahun 79,sy mau gunkan pulser grand trus sy mau tanya panjang sensornya berapa?klo sy gunakan cdi grand.
sy pake spul asli gl 125.

57. semy septia - 5 Maret 2014

mz bro mau tx >>sy pux cb 73 ori pengen pakai pengapian tiger fuul shet tanpa ngrubah kalter magnet aslix…… apa bs??????


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: