jump to navigation

metal duduk cbr 250 8 Maret 2011

Posted by kurniaprorider in Uncategorized.
Tags: ,
trackback

Teknologi Journal Bearing
Mengenal Metal Duduk Pada Kruk As dan Camshaft Honda CBR250R

Kruk As dan Camshaft Honda CBR250R sudah tidak lagi menggunakan bearing model roller atau bambu, tapi sudah menggunakan jenis journal bearing atau metal duduk. Seperti apa sih wujudnya? Yuk baca terus!

Bearing yang lazim digunakan pada mobil ini bentuknya hanya seperti cincin. Terbelah dua dan tanpa ada bola-bola bearing. Bearing ini bekerja menggunakan fluida, fluida akan menggantikan bola atau bambu pada bearing konvensional.

Fluida yang tak lain adalah oli mesin ini akan memisahkan as dan bearing. Fluida dipasok lewat lubang yang ada di tengah bearing, yang kemudian akan mengisi celah antara as dan bearing.

Karena tekanan oli sangat tinggi maka saat kruk as atau camshaft berputar tidak akan terjadi sentuhan sama sekali. Gesekan pun akhirnya minim, dan bisa berputar lebih lancar ketimbang bearing model biasa.

Padahal jarak kerenggangan antara as dan bearing hanya 0,075mm! Sangat tipis. Enggak heran bila CBR250R minta oli dengan spesifikasi encer. Dianjurkan SAW 10W-30.

“Ada beberapa keuntungan. Pertama, bearing jenis ini akan mengurangi noise dan getaran. Karena gesekannya jauh lebih rendah dari bearing biasa,” terang Endro Sutarno, Technical Service Training Instructor PT Astra Honda Motor (AHM).

“Dan keuntungan lain adalah gesekan antar komponen jadi lebih rendah. Suhu mesin lebih dingin, umur part dan oli mesin lebih panjang,” lanjut pria yang ngantor di Astra Honda Training Center, Sunter, Jakarta Utara.

Pantesan ganti olinya bisa mencapai 12 ribu kilometer! (motorplus-online.com)

Komentar»

1. lekdjie - 8 Maret 2011

ooo..dipasang ning gl iso ra,dab?

2. kurniaprorider - 9 Maret 2011

niate arep tak pasang nang megapro yen iso dab!!! wkwkwkwkw

3. elsabarto - 9 Maret 2011

nice info om..

4. Pino Kio - 9 Maret 2011

ais impoh gan.

5. Darmawan - 10 Maret 2011

wah metal duduk nya mirip mongtor R4, mangstab

6. gaplek mania - 11 Maret 2011

pasti bahannya spesial.sepertinya dirancang agar mempunyai pori2 yg bisa menyimpan oli.

7. si oom as varioputiih - 11 Maret 2011

ternyata jawaban dari postinganku yang ini toh..

http://varioputiih.wordpress.com/2011/03/06/cbr-250-ganti-oli-tiap-12ribu-km/

menarik juga yak. tanpa bearing gitu🙂

8. CM - 12 Maret 2011

Gak salah pilih cbr motor murah fitur melimpah,lha kok kayak hp aja

9. tambun - 12 Maret 2011

Laagh sistim kek gini kayakna seh dah dipakai di mesin mobil / truk sejak jaman kuno : istilahnya metal duduk dan metal jalan, kok skrg dianggap baru sehh?? pake roller hrs nya lebih bagus >>> kenapa rocker arm skrg malah dikasi roller ??? padahal kan sama sama kena oli?? maaf ane maseh katrok…

10. bejo n trimbil - 12 Maret 2011

nais inpoh

11. Anto - 14 Maret 2011

@ Tambun : Di motor keluaran ATPM disini ini barang baru bro..Sama kek Vixion dulu, Injeksi dianggap barang baru padahal dr jaman baheula dah ada

Di kasih roller biar beban kerja rocker arm lebih ringan dan bisa lebih awet…ujung2xnya mesin lebih awet, lbih minim gesekan, mesin berputar lebih efisien

12. tambun - 14 Maret 2011

@ anto : maksud ane tuh .Jangan balik mundur kebelakang, Vixion Injection krn sebelumnya Yam pakenya karburator Jadi justru peningkatan tehnologi, Klo balik ke karburator lageee ya katrok kan??.Contoh roller rocker arm betul tuh, kan lucu klo balik lagi ke tehnologi tanpa roller. Bukti lagi Beat pake roller pada kopling otomatisnya yg ternyata lebih unggul dr Mio yg tanpa roller shg mudah tergerus. trus suatu ketika beat balik kayak mio tanpa roller dikatakan temuan baru???


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: