jump to navigation

MODIF KARBU TIGER/PD 26 6 April 2015

Posted by kurniaprorider in Motor.
Tags: , , ,
trackback

Karburator honda tiger menjadi salah satu favorit bagi pengguna honda CB sampai GL Pro, selain mudah diseting juga irit. namun yang menjadi masalah adalah saat pemasangan, akan mentok tangki bbm. karburator honda tiger yang sudah berumur juga bermasalah dengan stasioner, kadang sulit diseting.
oleh karena itu perlu kita modif agar tidak mentok tangki bbm saat dipasang nantinya.
kali ini modif/ ubah karbu tiger menjadi kabel langsung atrik, tidak melalui sistem katrol lagi. kalo tidak mau ribet tinggal bawa ketukang bubut dan pasrahkan tinggal tunggu … selesai dan pake. tapi kali ini modif ini saya lakukan karena penasaran dan pengen tahu langkah-langkahnya walaupun dengan peralatan seadanya.
1. pertama-tama kita buat coakan sepanjang skep karbu tiger untuk rel agar skep tidak berputar, bisa menggunakan gergaji besi dan amplas. kita gergaji dari coakan skep dibawah itu tinggal meneruskan lurus keatas lalu diamplas.
IMG079
2. setelah itu kita juga membuat coakan untuk setelan langsam, caranya masih sama dengan menggunakan gergaji besi, sebenarnya kalo mempunyai gerinda lebih mudah dan ringan.
IMG088
3. lanjut kebody karbu tepatnya ditabung skep kita membuat setelan langsam dengan membuat drat/snei pas ditonjolan sebelah kanan dan dibuat drat, kali ini bisa mencari bantuan tukang bubut kalo tidak punya alat snei drat sendiri.
IMG087
4. dan yang terakhir kita mengebor tabung skep untuk jalur rel skep agar tidak berputar, kita gunakan mata bor 1,5 mm lalu kita paku bisa menggunakan jarum skep bekas dan dipotong, lebih baik dilem agar tidak lepas karena getaran.
IMG086
5. terakhir kita buat plat penutup atas karbu agar tidak mentok tangki, bisa kita gunakan plat almunium yang dibentuk dengan panduan perpak tutup karbu. kalo tidak aga almunium bisa kita gunakan plat besi.
demikian semoga berguna, kalo ada kesulitan bisa kita diskusikan.

Komentar»

1. bedoel - 7 September 2017

melepas baju karbu nya gimana om.. Supaya tinggal tabung skep nya aja.. Terimakasih sebelum nya…

2. Dika Septya Pradana - 13 November 2019

Terimakasih untuk informasinya gan


Tinggalkan komentar